Diambil dari Pinterest

Saat ini di kota-kota besar sangat mudah untuk mendapatkan ragam kuliner. Salah satu yang beberapa tahun ini muncul adalah bisnis kuliner yang dijajakan menggunakan mobil truk, biasanya truk yang digunakan juga tidak terlalu besar. Makanan yang dijajakan pun bukan hanya makanan ringan, tetapi juga makanan berat, seperti nasi beserta lauk pauknya, hamburger dan sebagainya.

Food truck sudah lama dikenal di beberapa benua, seperti Amerika dan Eropa, namun saat ini bisnis kuliner menggunakan truk sudah mulai banyak diadopsi di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Hal ini berdasarkan beberapa alasan yang dikutip dari waiterio.com adalah dapat menjangkau area yang jauh untuk menarik pelanggan atau mengantar pesanan. Lalu bagaimana cara supaya sukses bisnis food truck? Simak tipsnya di bawah ini.

Tips Sukses Bisnis Food Truck

  1. Menentukan Produk Kuliner yang akan Dijual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk apa yang akan Anda jual. Mengapa menjadi langkah pertama? Sebab produk kuliner ini akan menjadi penentu alat-alat apa saja yang dibutuhkan, berapa modal yang harus disiapkan untuk membeli bahan baku. Jangan lupa untuk menyesuaikan produk dengan target pasar yang berada di lokasi Anda akan berjualan agar dagangan bisa laris manis.

  1. Mempersiapkan Truk dan Alat yang akan Digunakan untuk Berjualan

Untuk memulai bisnis food truck tentunya Anda harus memiliki kendaraan untuk berjualan. Sebenarnya tidak harus truk, bisa juga mobil van jika punya. Anda dapat memilih untuk membeli kendaraan yang baru atau bekas. Namun jika Anda memutuskan membeli bekas, pastikan kebersihan dan keamanan kendaraan.

Karena keterbatasan tempat di dalam kendaraan, sehingga Anda harus menyesuaikan peralatan apa saja yang akan digunakan untuk berjualan. Misalnya Anda ingin berjualan kentang goreng, maka Anda hanya butuh deep fryer kecil. Sebelum memutuskan berjualan dengan food truck maka pastikan produk kuliner yang Anda jual dapat menggunakan peralatan yang tidak banyak.

  1. Mendesain Truk

Supaya food truck Anda dapat menarik perhatian calon pembeli, buat ciri khas dari truk Anda dengan mendesain semenarik mungkin. Misalnya saja, Anda dapat mengangkat tema vintage, Nusantara dan masih banyak lagi. Jika memang Anda ingin menyewa jasa pihak lain untuk mendesain truk Anda, pastikan jika pihak yang mendesain tepercaya dan memiliki portofolio yang bagus.

  1. Menentukan Lokasi Berjualan

Agar bisnis bisa berjalan sukses, Anda perlu melakukan riset untuk lokasi berjualan. Pilih tempat-tempat yang ramai, seperti area mall, tempat wisata, kampus, perkantoran maupun event-event tertentu.

  1. Mengantongi Izin untuk Berjualan

Meskipun menggunakan food truck memudahkan Anda untuk mobile, Anda tetap harus mengurus perizinan untuk berjualan di sebuah lokasi kepada pengelola lahan.

  1. Memilih Supplier Bahan Mentah

Bisnis kuliner tentu membutuhkan bahan baku untuk produksinya. Pilihlah supplier yang telah berpengalaman dan selalu menyediakan produk segar serta berkualitas, seperti Fmflour.

  1. Mempromosikan Bisnis

Setiap bisnis yang dilakukan tentu membutuhkan promosi agar dapat diketahui publik. Anda dapat menyebarkan brosur, memasang banner atau cara yang gratis namun efektif adalah melalui sosial media.

Itulah beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis food truck. Nah, bagi Anda yang membutuhkan supplier bahan baku untuk bisnis kuliner food truck dapat menghubungi Fmflour, supplier bahan baku pangan tepercaya yang selalu menyediakan produk berkualitas. Untuk pemesanan dapat dilakukan melalui:

  1. Website: fmflour.com
  2. Shopee: fmshopbranded
  3. Tokopedia: fmflour
  4. Instagram: @fmflour dan @fmshop.smg
  5. Whatsapp: 0812-2624-0827

Kami akan selalu siap untuk merespon dan melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia. Untuk pemesanan paket usaha yang lebih hemat, Anda dapat menghubungi kontak Whatsapp di 0896-7512-1854.

Apabila Anda hendak melakukan pemesanan dalam jumlah banyak, dapat menghubungi kontak Whatsapp untuk pemesanan paket usaha. Jangan sungkan untuk bertanya tentang produk kami, dengan senang hati kami akan menjawab segala bentuk pertanyaan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *