Bisnis makanan memang seolah tidak pernah surut dan terlihat menggiurkan dengan keuntungan yang diperoleh. Namun sebagian orang berpikir, untuk memulai bisnis makanan terasa berat karena memerlukan modal yang tidak sedikit. Padahal bisnis makanan dapat dimulai dari modal yang paling minim sekali pun. Tapi apa bisa sukses bisnis makanan dengan modal yang minim? Tentu saja bisa, simak tipsnya di bawah ini ya!

Tips Bisnis Makanan dengan Modal Minim

  1. Jadikan Dapur Anda sebagai Tempat Produksi

Ketika baru merintis bisnis makanan, sebaiknya mulai perlahan-lahan dengan memanfaatkan segala yang sudah Anda miliki, seperti menjadikan dapur Anda sebagai tempat produksi makanan yang akan Anda jual. Lagi pula dengan begitu, Anda lebih mengetahui kebersihan dapur yang menjadi tempat produksi dan tidak perlu membayar sewa, listrik dan air.

  1. Menentukan Produk Makanan yang Akan Dijual

Langkah selanjutnya adalah menentukan produk yang akan dijual. Pastikan Anda memperhitungkan berapa yang harus dikeluarkan untuk membuat satu buah produk. Jangan lupa menyertakan biaya listrik, air, gas dan uang darurat yang bisa digunakan ketika bisnis makanan Anda tidak memberikan hasil.

  1. Mempersiapkan Modal

Setelah melakukan perhitungan, selanjutnya adalah mempersiapkan modal untuk membangun bisnis makanan pertama Anda. Usahakan bisnis pertama yang Anda bangun tanpa menggunakan pinjaman dari berbagai pihak agar Anda tidak kesulitan untuk melunasinya. Solusinya adalah dengan cara menabung sedikit demi sedikit sebelum membangun bisnis makanan Anda. Usahakan bisnis makanan Anda bisa dibangun dengan modal seminim mungkin. Tetapi tidak masalah jika memang ingin meminjam, namun pertimbangkan juga bunga yang harus dibayar jika Anda memilih untuk meminjam serta lembaga pembiayaan yang tepercaya.

  1. Buat Inovasi

Buatlah pembeda produk makanan Anda dengan kompetitor melalui inovasi terbaru. Seperti membuat rasa yang lebih enak dan bervariasi dan memberikan daftar menu. Selalu ikuti perkembangan yang terjadi di masyarakat dan memperhatikan keinginan pelanggan sehingga bisnis makanan Anda bisa maju.

  1. Bekerja Keras dan Pantang Menyerah

Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Oleh karena itu tetaplah bekerja keras dan pantang menyerah ketika mulai membangun usaha, apalagi Anda menggunakan modal minim yang bisa saja akan membuat Anda pesimis. Tenang saja, rejeki hanya milik orang yang mau bekerja keras dan pantang menyerah.

  1. Promosikan Bisnis Makanan Anda

Meskipun hanya menggunakan modal yang minim, Anda masih bisa mempromosikan bisnis Anda dengan cara menggunakan sosial media. Jangan lupa tetap aktif dan selalu mengadakan interaksi dengan pelanggan melalui sosial media.

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan ketika di awal memulai bisnis, apalagi menggunakan modal yang minim. Meskipun menggunakan modal yang minim, Anda harus tetap mengedepankan kualitas produk dengan hanya menggunakan bahan pangan yang berkualitas dan aman. Fmflour siap menyediakan berbagai bahan pangan yang Anda butuhkan untuk produksi makanan Anda. Untuk pemesanan dapat dilakukan melalui:

  1. Website: fmflour.com
  2. Shopee: fmshopbranded
  3. Tokopedia: fmflour
  4. Instagram: @fmflour dan @fmshop.smg
  5. Whatsapp: 0812-2624-0827

Kami akan selalu siap untuk merespon dan melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia. Untuk pemesanan paket usaha yang lebih hemat, Anda dapat menghubungi kontak Whatsapp di 0896-7512-1854.

Apabila Anda hendak melakukan pemesanan dalam jumlah banyak, dapat menghubungi kontak Whatsapp untuk pemesanan paket usaha. Jangan sungkan untuk bertanya tentang produk kami, dengan senang hati kami akan menjawab segala bentuk pertanyaan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *